[post_ad]

APA ITU HOMEOPATHY | Pengantar Homeopathy

Homeopathy adalah sistem pengobatan yang bekerja sama dengan sistem kekebalan tubuh untuk mencapai kesembuhan secara alamiah.


Apa itu Homeopathy | Sistem Pengobatan Alternatif 

Homeopathy menggunakan bahan alami dari  tanaman, hewan, mineral. Berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata:  “homeo” yang berarti sama atau serupa dan “pathos” yang berarti penyakit. Homeopathy berarti “yang serupa menyembuhkan yang serupa.” 

Prinsip Homeopathy telah digunakan dalam pengobatan masa Hippocrates dan Paracelsus, dikembangkan kembali oleh  Samuel Christian Friedrich Hahnemann tahun 1790 Dokter dari Jerman. Hahnemann erlecut karena kekecewaannya terhadap sistem pengobatan konvensional.

Saat menterjemahkan Cullen’s Materia Medica, tentang cara pengobatan malaria menggunakan kulit pohon Cinchona, Hahneman tidak yakin  dan mengadakan eksperimen sendiri dengan Cinchona dan bahan2 lainnya. Hahneman berkesimpulan bahan yang diminum oleh orang sehat dan menimbulkan gejala- gejala tertentu, dapat menyembuhkan penyakit yang juga menunjukkan gejala-gejala serupa.
hahnemann-penemu-homeopathy
Christian Friedrich Samuel Hahnemann (1755-1843)

Homeopathy | Sistem Pengobatan Dengan Pendekatan  Holistik

Homeopathy mengobati penderita secara holistik sebagai manusia, tidak terpaku pada satu organ atau satu bagian tubuh saja. Semua gejala dan keluhan tiap individu diperhatikan, karena tiap individu memiliki konstitusi tubuh yang berbeda, riwayat nenek moyang/keturunan berbeda-beda.

Gejala penyakit /keluhan merupakan usaha tubuh untuk sehat kembali. Obat yang diberikan pada orang sehat dan menimbulkan gejala-gejala yang serupa dengan gejala/keluhan yang dialami oleh penderita (symptom picture yang serupa) disebut drugs picture.

Apa itu Homeopathy | Dalam tujuan memulihkan kesehatan secara sempurna tanpa menggunakan obat-obatan umum. Dalam upaya menyembuhkan penyakit penderita, simptom picture harus dicarikan obat yang serupa, yaitu yang drugs picturenya serupa dengan simptom picture penderita, Bila symptom picture = drugs picture akan memberikan penyembuhan yang sempurna.

Homeopathy dan Sistem pengobatan Allopathy

Dalam sistem Allopathy gejala dipandang sebagai sesuatu yang  mengganggu dan harus dihilangkan. Gejala – gejala yang terkumpul mengenai organ/salah satu sistem tubuh, Gejala yang sama biasanya diobati dengan obat yang sama. Tujuan menyembuhkan penyakit menggunakan  obat-obatan biasa yang umumnya bersifat untuk menekan gejala penyakit, Sehat berarti bebas dari penyakit.

Homeopathy & Perbedaan pandang tentang sakit

Sakit menurut Homeopathy : akibat adanya ketidak-seimbangan/disharmoni dalam tubuh (intern) / disharmoni tubuh dengan alam lingkungan, yang kemudian  tubuh berusaha untuk menyeimbangkan kembali. Usaha menyeimbangkan kembali ini muncul sebagai gejala /keluhan, dengan memberikan obat Homeopathy diharapkan disharmoni tubuh dapat lebih cepat tercapai.

Apa itu Homeopathy | Gejala atau Symptom

Organisme sehat menghasilkan gejala/ simptom sebagai salah satu usaha untuk mengembalikan keseimbangan tubuh yang terganggu. Simptom merupakan dasar penyembuhan (basic of healing).

Homeopathy menggunakan simptom sebagai petunjuk untuk memberikan obat yang serupa guna mempercepat proses keseimbangan tubuh sehat, Akibat adanya kombinasi faktor fisik, faktor lingkungan, faktor internal dan psikologik  yang bersifat negatif, destruktif atau stres disharmoni, obat Homeopathy mempercepat penyembuhan.

Kedokteran Barat : Penyakit menimbulkan gejala penyakit sebagai akibat gangguan faal/fungsi organ tubuh. Gangguan faal/fungsi organ dapat terjadi akibat kelainan organ sejak lahir/herediter maupun akibat faktor dari luar tubuh. Itulah sedikit penjelasan mengenai Apa itu Homeopathy.
Previous
Next Post »